Rabu, 09 Maret 2016

Desain Outlet Pakaian

Bisnis fashion selalu berkembang dari waktu kewaktu, kebutuhan akan pakaian yang beraneka ragam selalu meningkat. Karena itu persaingan di wilayah bisnis pakaian cukup ketat. Karenanya banyak cara dilakukan oleh pelaku bisnis agar outlet pakaiannya tetap eksis. Salah satunya adalah menggunakan jasa desainer interior untuk mendesain outlet mereka. Kenapa harus menggunakan jasa desain interior? Karena desainer interior mamahami bagaimana cara membentuk outlet menjadi sebuah pertunjukan menarik bagi kostumer. Tidak hanya menarik, desainer interior mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika mereka berbelanja. Dan yang paling utama adalah memberikan kesan ketika calon kostumer melintas sehingga mampu menarik minat mereka untuk masuk dan membeli.







Beberapa elemen utama dalam desain outlet pakaian adalah :

1. Display Gantung
Ini merupakan yang paling sering & mesti digunakan oleh outlet pakaian, dimana pakaian seperti kemeja, dress, maupun rok akan lebih terlihat menarik dengan cara digantung. Perhatikan peletakan gantungan di tengah ruangan dan didinding ruangan. Variasikan peletakan gantungan, jangan menempatkan jejeran panjang gantungan tanpa jeda karena akan membosankan dan membuat bingung pengunjung. Begitu pula untuk gantungan di tepi ruangan, bisa diselingi dengan display sepatu, tas, dll. Khusus untuk display gantung didinding dapat menambahkan efek lampu downlight diatasnya, panel dinding & ambalan akan jadi penambah nilai estetika peletakan.




2. Display Meja
Display meja berguna untuk menempatkan barang-barang seperti sepatu, tas, atau aksesoris lainnya. Seperti disebutkan pada poin diatas, display meja juga dapat menjadi variasi jeda diantara deretan gantungan. Tempatkan beberapa display meja dengan ukuran bervariasi namun dengan tinggi hanya sekitar 50-60 cm. Bahan pembentuk meja dapat menggunakan multiplex, kayu solid, ataupun besi.





3. Display Mannequin
Mannequin umumnya digunakan untuk produk-produk unggulan yang paling trend saat ini. Tentunya kehadiran manequin bisa membantu barang-barang yang bagus agar lebih terlihat bagaimana barang tersebut dipakai. Walaupun bagus untuk memamerkan pakaian, namun penggunaan manequin yang berlebihan juga tidak bagus. Gunakan secukupnya. Dasar untuk manequin dapat dibuat menggunakan papan & rangka, atur tingginya sekitar 30 cm, pastikan lebih tinggi dari display gantungan. Dengan ukuran 100 x 150 cm anda dapat menempatkan sepasang manequin berdiri. Sesuaikan ukuran untuk menempatkan lebih dari dua manequin. Display manequin dapat ditempatkan ditengah display-display lain, atau diberi background panel seperti kaca, logo outlet, ataupun reklame diskon dsb.




4. Display Ambalan
Ambalan merupakan bidang papan yang disematkan di dinding ataupun panel dinding yang sudah dibuat. Permukaan ambalan dapat digunakan untuk menempatkan barang-barang seperti sepatu, tas, lipatan baju, ataupun aksesoris menarik lainnya. Ambalan dapat ditempatkan diatas display gantungan, atau dapat juga dikelompokkan dalam satu bidang dinding secara utuh dari bawah sampai keatas. Ukuran ambalan dengan lebar 25-30 cm dan panjang sesuai kebutuhan. Gunakan ketebalan 4-5 cm untuk kekuatan yang baik. Karena disusun secara vertikal, bagian bawah ambalan dapat disematkan lampu-lampu kecil untuk menonjolkan display barang dibawahnya.

Selain itu ada pula ambalan jenis kaca, menggunakan kaca 8mm atau 10mm dikombinasikan dengan besi stainless untuk kekuatannya, ambalan jenis ini terpasang pada bidang stainless juga pada dinding atau panel. Bidang stainless pada dinding & panel berlubang-lubang yang merupakan tempat menyematkan besi ambalan dengan demikian posisi ketinggian ambalan dapat diatur sesuai keinginan.





5. Display Rak
Barang-barang penjualan yang dapat di-display dimeja dapat pula ditempatkan pada rak display. Fungsinya sama namun akan memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung. Gunakan untuk variasi agar tidak membuat pengunjung menjadi bosan. Rak dapat juga dibuat tertutup dengan pintu kaca untuk menempatkan barang-barang seperti aksesoris bernilai tinggi maupun perhiasan. Tentunya variasi lampu juga dapat digunakan. Selain kayu atau multipleks, dapat digunakan juga bahan besi dengan finishing cat.



6. Kabinet / Laci
Pada bagian bawah rak, meja, maupun ambalan dapat ditempatkan kabinet ataupun laci-laci yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Kabinet ini dapat digunakan untuk menyimpan stok-stok barang sementara.