Kamis, 17 Maret 2016

Desain Interior - Desain Ruang Meeting Modern

Kesibukan para pekerja kantor saat ini menuntut ruang yang memadai untuk segala aktifitas, perorangan maupun kelompok. Keperluan untuk mendiskusikan suatu rencana maupun masalah memerlukan ruang khusus yang sering kita sebut dengan ruang meeting. Ukuran ruang meeting bervariasi tergantung dari skala besar kecilnya perusahaan & banyaknya karyawan. Untuk perusahaan kecil dengan pekerja dibawah 10 orang terkadang tidak memiliki ruang meeting. Atau bisa saja disediakan ruang bersekat sebesar 2,5x3m misalnya. Untuk skala menengah dan besar ukurannya menyesuaikan kebutuhan dan bahkan terdapat banyak ruang meeting pada satu area divisi perusahaan. Desain ruang meeting yang kecil, sedang maupun besar tentunya membutuhkan perhatian-perhatian khusus yang berbeda, diantaranya :

1. Desain Ruang Meeting Kecil

Di tempat yang terbatas, ruang meeting dapat dibentuk dengan ukuran ruang mulai dari 2,5x2m sekalipun. Tentu saja diruang seukuran ini pembicaraan hanya dapat terjadi tidak sampai 5 orang. Kita dapat menempatkan sebuah meja meeting berukuran 1,5x90cm serta 4 atau 5 buah kursi. Sebuah whiteboard atau glassboard dapat melengkapi fungsinya.

Alternatif lain adalah jika terdapat ruangan persegi 3x3m dapat menggunakan meja meeting bulat dengan diameter kurang lebih 100cm dapat menempatkan 6 buah kursi meeting mengelilinya. Atau misal ruangan berukuran 3,5x4m dapat kita tempatkan meja meeting persegi panjang berukuran 66x100cm. Kursi yang ditempatkan memungkinkan sebanyak 6 buah.







2. Desain Ruang Meeting Sedang

Untuk pertemuan yang melibatkan 10-20 orang tentu saja kita memerlukan ruang yang lebih lapang. Disini ruang meeting berukuran sedang dapat mulai dari 4x6m hingga 4x8 meter persegi. Dengan ukuran ruang meeting 4x6m memungkinkan kita untuk menempatkan meja besar berukuran 100x400cm, sehingga kursi yang dapat kita tempatkan memungkinkan sampai 12 kursi. Selain meja dan kursi kita dapat juga menempatkan kabinet dinding maupun lemari sebagai pelengkap selain adanya whiteboard ataupun layar proyektor. Dekorasi dapat kita tempatkan di dinding-dinding yang cukup lebar seperti peta, produk-produk perusahaan, kata-kata motivasi, dan lain sebagainya. Selain itu dapat juga memberikan aksen panel dinding dengan lampu sebagai variasi yang menyatu dengan whiteboard, layar proyektor, maupun kabinet.





3. Desain Ruang Meeting Besar

Melebihi kapasitas ruang meeting sedang, ruang meeting besar diperlukan untuk pertemuan lebih dari 20 orang dalam sebuah meja yang panjang. Meja dengan ukuran besar tentunya akan lebih sesuai jika dipesan custom. Dengan bahan multiplex maupun kayu solid, meja untuk ruang meeting besar dapat didesain dengan model yang sesuai keinginan dan tren terkini. Dengan ukuran ruangan mulai dari 5x12m, meja dengan lebar 250x700cm masih terlihat proporsional.






Karena lebarnya yang cukup besar, meja meeting besar sering divariasikan dibagian tengahnya. Variasi desainnya dapat berupa kosong ditengah, vas bunga, kaca, monitor, dsb. Kursi dapat ditempatkan hingga sebanyak 30 buah. Seperti halnya ruang meeting sedang, desain ruang meeting besar dapat ditempatkan juga kabinet ataupun meja yang terpisah untuk persiapan makanan atau kue-kue memungkinkan adanya coffee break dalam meeting. Aksesoris dinding dan tanaman hias dapat menambah suasana ruangan agar tidak terlalu kaku. Jangan lupa permainan drop-ceiling dan pencahayaan juga dapat digunakan.