Rabu, 24 Agustus 2016

Cara untuk Membedakan Ruang Tanpa Menggunakan Dinding



Dinding merupakan cara yang umum digunakan untuk membatasi suatu ruangan. Namun dengan penataan desain interior yang baik, kita dapat memisahkan fungsi ruang interior tanpa perlu membuat batas berupa dinding. Berikut elemen-elemen yang dapat digunakan untuk mewujudkannya.

1. Perbedaan Ketinggian


Ruang besar yang terbuka dapat kita kelompokkan dengan memberikan beda ketinggian dengan memperhatikan faktor keamanan tentunya. Perbedaan ketinggian sebesar 20-60cm dapat kita terapkan dalam desain interior rumah kita. Antara dapur dengan ruang makan, atau antara ruang makan dengan ruang keluarga dapat kita buat level menggunakan terap tangga. Ini juga dapat membuat desain ruangan terlihat lebih hidup dan bervariasi.


Ruang kecil yang menurun dapat memiliki karakter sendiri dan sebagai area berkumpul yang nyaman diantara ruang sekitar yang lebih tinggi. Perbedaan tinggi lantai dapat diiringi perbedaan material lantai yang menghiasnya. Tekstur lantai kayu atau keramik yang berbeda dapat kita gunakan untuk memberikan keunikan serta karakter bagi ruang yang bersebelahan.


2. Karakter Plafond

Selain lantai, kita juga dapat menggunakan aksen material plafon untuk membedakan ruangan. Plafon gipsum dapat dikombinasikan dengan plafon kayu atau plafon pvc untuk memberikan perbedaan yang nantinya memisahkan ruangan dengan sendirinya. Selain itu desain plafon drop ceilling maupun elemen-elemen gantung seperti lampu atau kipas.







3. Elemen Struktural

Kolom ataupun balok-balok struktur dapat menjadi rangka yang ditampilkan yang nantinya dapat secara tidak langsung membedakan ruang. Adanya kolom, railing, atau rangka atap yang ditampilkan membuat suatu ruangan memiliki karakter sendiri walaupun menyatu dengan ruangan lainnya.





4. Partisi



Partisi tidak harus menutup sebagian besar batas. Adanya partisi walaupun hanya sedikit dapat memisahkan dua ruangan, ditambah dengan perbedaan tekstur lantai serta penggunaan furnitur sesuai dengan fungsi masing-masing dapat memberikan perbedaan.



5. Material Lantai

Perhatikan perbedaan material lantai, jangan lupa untuk mengujinya dengan gambar karena tanpa visualisasi, kombinasi penggunaan material lantai dapat membuat desain menjadi tidak harmonis.






Kami siap membantu anda merencanakan desain interior sesuai kebutuhan anda. Diskusikan dengan kami keinginan beserta bujet yang anda miliki. Harga konstruksi interior dapat menyesuaikan dengan bujet anda.