Minggu, 20 Maret 2016

Desain Interior Bank HSBC

HSBC merupakan sebuah jaringan bank internasional. Berasal dari Asia tepatnya Hong Kong dan Tiongkok, HSBC melebarkan sayapnya hingga hampir seluruh Asia, Australia, hingga Amerika. Gaya penataan interiornya adalah modern dengan kesan mutahir serta mewah. Karena itu penggunaan mebel dan rancangan furnitur custom dibuat dengan gaya terkini dengan tidak lupa memberikan kesan yang profesional.

Variasi warna yang digunakan dalam interior bank HSBC tidak jauh dari warna logo perusahaan multinasional ini. Warna putih, merah dan hitam terlihat mendominasi pada hampir semua cabang. Dari luar terlihat warna putih mendominasi eksterior maupun kusen alumunium yang membingkai kaca jendela maupun pintu otomatis. Warna putih membuat logo dan merk bank sangat terlihat. Kesan bersih dan profesional terlihat mendominasi, dengan bagian interior ber aksen merah terlihat dibalik jendela dan pintu kaca.



Penggunaan karpet merah dan terkadang lantai parket ataupun kombinasinya kerap digunakan. Karpet merah terlihat menyatu dengan beberapa furnitur seperti kursi serta reklame merah yang menunjukkan identitas perusahaan. Meja costumer service menggunakan kayu solid maupun multipleks dengan finishing warna kayu, menggunakan table top kaca hitam gelap sesuai dengan teks HSBC pada logo.

Meja teller counter juga kerap menggunakan warna putih. Finishing dapat berupa duco ataupun HPL putih selaras dengan backdrop belakang teller bertuliskan logo HSBC dan slogannya. Dikombinasikan dengan HPL abu-abu pada modesty dan skirtingnya. Beberapa aksen merah masih dapat kita jumpai pada kursi-kursi maupun lantai dalam teller counter.




Pelayanan Express Banking yang disediakan dibeberapa kawasan bisnis juga tidak luput dari skema warna merah-putih-abu-abu dan hitam. Mesin-mesin ATM dan tunai dijejerkan mengikuti panel dinding namun dibuat melengkung disudutnya bertujuan untuk kontinuitas tanpa terputus. Panel dinding merah menyala dengan reklame penunjuk dibagian atasnya memudahkan nasabah mengenali layanan yang merupakan khas HSBC. Divider berupa kaca sandblast ketebalan kurang lebih 20mm digunakan, didesain melengkung sesuai dengan bentuk mesin-mesin ATM. Divider kaca dibuat terangkat dari lantai setinggi 20 cm agar tidak terkena kaki.




Pada banyak cabang yang cukup besar kita dapat menjumpai adanya elemen menarik yang sering diterapkan, yaitu ceilling gantung. Didesain melingkar dengan ketebalan 20 cm, logo serta tulisan dapat ditempatkan pada sisi melingkarnya. Dibagian yang mengarah kebawah ditempatkan lampu-lampu downlight melingkar mengikuti bentuk ceilling. Keseluruhan ceilling gantung berjarak kurang lebih 40 cm dari plafon utama, ditahan dengan batangan-batangan baja berdiameter 10mm.