Rabu, 24 Agustus 2016

Aneka Kreasi Pemanfaatan Ruang Bawah Tangga

Sebagai penghubung ruangan yang berbeda level, keberadaan tangga memerlukan ruang yang tidak sedikit. Selain menyediakan ruang untuk pergerakan vertikal, tangga juga memerlukan lebar yang ideal agar kenyamanan dan keamanan tetap terjaga. Ruang yang digunakan tangga tidaklah sedikit, karena banyak yang memanfaatkan area bawah tangga sebagai sesuatu yang menarik. Berikut beberapa pemanfaatan area bawah tangga yang dapat menjadi inspirasi.

1. Sudut Kecil untuk Membaca

Area terbatas dan mungil dibawah tangga membuatnya ideal untuk menciptakan tempat membaca yang privat dan nyaman. Menggunakan busa yang empuk, serta tidak lupa menambahkan tempat penyimpanan buku dari multipleks finishing duco. Penyimpanan ini sangat praktis karena berada dibawah tempat duduk area membaca. Kabinet penyimpanan dapat dibuat dengan tinggi 40-50cm, busa setebal 10-15cm digunakan agar kegiatan membaca dapat menjadi lebih nyaman. Dapat pula ditambahkan bantal untuk bersandar.







Selain itu beberapa buah bantal tambahan dapat menambah kenyamanan ketika tidur siang diantara dinding yang dilapis aksen kayu. Tidak lupa ditempatkan lampu tempel serbaguna.
Jika terdapat jendela akan memberikan suasana yang lebih nyaman ditemani dengan minuman dan gadget kesayangan anda menikmati pagi atau sore hari.

2. Rak Buku
Buku merupakan benda yang pas untuk ditempatkan dimanapun, ukurannya yang tidak besar membuatnya fleksibel dalam pengaturan. Selain itu buku jika tertata dengan baik akan menjadi elemen pandangan dan daya tarik tersendiri bagi interior rumah.



Pemanfaatan bawah tangga untuk rak buku lebih mudah diterapkan karena buku-buku tidak memerlukan banyak kriteria penyimpanan. Lebar rak 35-40cm dapat disusun dengan seragam atau bervariasi. Kemiringan bagian atas mengikuti kemiringan tangga. Bagian bawah dapat divariasikan dengan laci-laci ataupun kabinet. Bahan pembuatnya dominan multiplex dapat dilapis dengan taco hpl, atau melamik. Untuk kesan mewah dapat menggunakan cat duco.

Tangga yang melingkar menyisakan banyak sekali ruang vertikal maupun horisontal. Karenanya penempatan rak buku dibagian bawah tangga lingkar dapat membuatnya menjadi sebuah perpustakaan mini namun mampu menampung buku yang cukup banyak.





3. Tempat Bermain Anak

Lorong bawah tangga yang terkoneksi dengan ruang lain disebelahnya dapat menjadi akses yang menarik untuk area bermain anak. Anak dapat memiliki area bermainnya sendiri yang membuatnya nyaman serta dapat ditunjukkan kepada teman-temannya. Perhatikan tinggi minimum ruangan. 1,5 meter merupakan tinggi minimum.

Selain ruangan dapat pula kita membentuk spot khusus dengan ketinggian 40cm dari lantai. Space 40cm tersebut dapat dibuatkan laci-laci untuk tempat mainan mereka. Diatasnya dapat kita bentuk ruang kecil sebagai area kreatifitas mereka.







4. Meja Kerja

Jika anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk tempat kerja khusus, area bawah tangga dapat menjadi solusi yang sempurna. Di ruang ini meja & rak-rak kabinet dapat dibuat dengan built-in sehingga menyatu dengan ruang. Area kerja ini dapat dibuatkan pintu sehingga dapat ditutup ketika tidak digunakan.



5. Kandang Hewan Peliharaan

Jika ditata dengan baik serta dijaga kebersihannya, kita dapat membuat ruang yang sangat nyaman untuk hewan peliharaan yang kita sayang. Penggunaan material kayu dikombinasikan dengan pintu besi dapat terlihat estetis sekaligus efisien.





6. Toilet Kecil

Pemanfaatan yang sangat umum untuk ruang bawah tangga adalah untuk kamar kecil. Walupun hanya cukup untuk menampung kloset duduk dan washtafel, keberadaannya dapat sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan tinggi ruangan yang dapat digunakan. Tinggi minimum sebesar 2,3 meter dapat kita gunakan sebagai toilet.





7. Tempat Alat

Selain kegunaan-kegunaan diatas, area bawah tangga juga dapat didesain untuk tempat alat-alat maupun barang elektronik. Kabinet-kabinet kayu ataupun multiplek sebaiknya dirancang khusus untuk keperluan alat tersebut sehingga estetika dapat terjaga.



Desain yang baik dan memperhatikan estetika serta fungsi dapat memaksimalkan ruang-ruang yang awalnya dianggap kurang berguna. Karena itu kami dapat membantu anda mewujudkannya. Kontak kami untuk konsultasi dan produksi  kreasi interior yang anda inginkan.