Minggu, 13 Maret 2016

Desain Interior : Aneka Kreasi Credenza & Panel TV

Keberadaan TV tidak dapat terbantahkan lagi dalam kehidupan dirumah. Hampir setiap rumah memerlukan benda berbentuk persegi panjang ini. Sebagai sarana hiburan kala berkumpul keluarga, ataupun menyaksikan pertandingan olahraga bersama-sama. Mengingat fungsinya yang cukup penting ditengah-tengah keluarga, penampilan area penempatan TV menjadi perhatian tersendiri. Berbagai macam cara dilakukan agar area tontonan ini terlihat menarik. Disinilah peran desainer interior membuat suatu area yang jadi pusat perhatian menjadi sesuatu yang istimewa & spesial.

Berbagai ragam bentuk kreasi yang dapat kita terapkan yaitu :

1. Credenza TV dilantai atau melayang?
Keduanya sah-sah saja untuk dipilih. Dua-duanya memiliki keunggulan dan karakter sendiri yang membuatnya menarik. Dengan catatan tinggi permukaan credenza berkisar antara 40-60 cm dari lantai. Menggunakan tinggi lebih dari itu kesan modernnya akan berkurang.
Jika memilih credenza yang menempel dengan lantai, anda akan memiliki ruang yang cukup untuk menempatkan laci-laci tambahan serta kabinet yang didapat lebih besar. Permainan kaca dapat mengurangi kesan masif serta memberikan variasi agar terlihat lebih "ringan". Lebar credenza dapat memanfaatkan lebar ruangan keluarga, atau tidak berbeda jauh dari lebar sofa yang terpanjang.




Salah satu yang sedang tren saat ini adalah penggunaan credenza TV minimalis yang melayang. Tidak menempel dipermukaan lantai melainkan disematkan didinding. Karena itu pastikan kondisi dinding berada dalam keadaan yang baik. Karena melayang, maka ruang dibawah credenza harus tetap dibiarkan kosong. Ini membuat model credenza melayang tidak memiliki banyak ruang untuk menempatkan laci-laci maupun kabinet tambahan. Sebagai gantinya, peletakan dibuat memanjang, laci-laci & kabinet yang lebar cukup pantas melengkapi credenza ini. Variasi naik turun, maju-mundur, atau kosong-isi sangat mungkin digunakan karena karakternya yang modern dan dinamis. Desain bentuk & penataannya pun tidak terbatas. Selain itu dapat juga diterapkan permainan beda warna maupun material.










2. Panel TV
Panel merupakan suatu bidang tambahan yang permukaannya menutupi permukaan dinding. Digunakan sebagai penegasan / pembeda fungsi dalam ruangan. Selain itu panel merupakan salah satu elemen desain interior yang menarik. Sesuai namanya, panel TV berfungsi menegaskan area yang dicovernya sebagai sebuah rangkaian termasuk juga credenza. Selain itu panel TV juga berguna sebagai tempat menyematkan TV dengan bracketnya. Bentuk dan permukaan panel TV dapat dibuat selaras dengan credenza, atau justru kontras. Yang penting perhatikan kesesuaian dengan desain interior ruangan. Panel TV dapat dibuat lebih atraktif lagi dengan menempatkan lampu-lampu tersembunyi diantara bidang panel dengan dinding dibelakangnya. Permukaan panel TV pun dapat dibuat maju-mundur untuk tambahan variasi.













3. Ambalan
Seperti yang sebelumnya telah dibahas, ambalan juga dapat ditempatkan pada panel TV. Disini bentuk ambalan sangat penting dalam menjaga keharmonisan area TV yang terdiri dari panel & credenza. Bentuk ambalan umumnya menyesuaikan karakter credenza. Apakah itu simetris, asimetris, kotak / putus-putus, naik turun, atau permainan beda material, dsb. Gunakan ketebalan 3-5 cm pada tiap ambalan, tempatkan jarak minimal 25 cm antara ambalan atas dengan bawahnya.