Selasa, 30 Agustus 2016

Ide Kreatif Dapur Semi Outdoor



Memiliki dapur diruang semi terbuka merupakan impian dari sebagian orang. Ide akan dapur sebagai tempat menyiapkan makanan sekaligus tempat menyegarkan pikiran dengan suasana outdoor yang kental. Namun menempatkan dapur diruang semi outdoor perlu memperhatikan beberapa hal yaitu perlengkapan dapur yang exterior-grade, hindari terpaan hujan angin, serta bebaskan dari hewan pengganggu seperti rayap dan tikus. Namun jika kriteria tersebut sulit untuk dilaksanakan karena keterbatasan dana, kita dapat mengkreasikan dapur yang berada di dalam terkesan berada diluar ruangan.

1. Lokasi Dapur
Tempatkan dapur pada area rumah yang paling banyak menerima cahaya alami, dapur yang menghadap ke selatan menerima sinar matahari lebih banyak dibanding yang condong kearah selatan. Untuk daerah yang beriklim panas dapat menempatkan dapur menghadap kearah timur untuk mendapat cahaya matahari pagi.




2. Gunakan Pintu Kaca
Pintu kaca dapat menyatukan ruangan indoor dengan outdoor, gunakan pintu kaca yang lebar sebagai pembatas dapur anda dengan ruang luar seperti taman ataupun kolam.



3. Kurangi Kabinet Atas
Kabinet atas pada kitchen set memang sangat berguna, namun ada baiknya anda mengurangi sedikit kabinet atas untuk memberikan jendela pada dinding. Selain baik untuk kesehatan, jendela membawa suasana luar ruangan untuk kenyamanan memasak.



4. Menggunakan Skylight
Skylight mulai banyak digunakan oleh rumah-rumah mewah saat ini. Dapat menjadi opsi bagi anda jika pada siang hari dapur kurang mendapat cahaya alami. Namun perhatikan pencahayaan pada malam hari karena skylight pada malam hari akan terlihat hitam.



5. Bawa Elemen Luar Ke dalam
Jika sangat sulit menempatkan dapur terbuka dengan ruang luar, anda bisa mencoba menempatkan unsur-unsur luar kedalam dapur. Seperti contoh gambar dibawah, dapur menggunakan lantai bata, dengan kabinet bertekstur kayu alami.



6. Gunakan Warna-Warna Cerah
Cara lain yang mudah dan murah adalah menggunakan warna-warna cerah untuk desain interior dapur anda. Gunakan warna biru langit yang soft, hijau, dan kuning matahari untuk mengasosiasikan suasana outdoor yang kental.



7. Tumbuhkan Tanaman Hijau
Tanaman hidup yang digantungkan dijendela dapat terlihat menambahkan suasana outdoor dengan seketika, selain juga menghemat ruangan.



8. Open Plan
Membuat skema open plan untuk dapur anda dapat membuat dapur terlihat lapang, banyaknya jendela pada ruangan yang besar dapat membawa unsur eksterior kedalam dapur.